![]() |
source |
MENGAPA HARUS CLUTCH?
Every women need clutch.
Duh, siapa sih yang nggak suka clutch? Ukurannya yang medium, lebih kecil dari tas pada normalnya namun lebih besar daripada pouch, membuatnya lebih efektif untuk dibawa ke mana-mana tanpa harus merasa terlalu berat. HP, dompet, parfum, dan bedak bisa masuk semuanya.
Di setiap acara semiformal, misal kondangan atau semacam gathering, pasti deh cewek pengen tampil beda. Bisa menenteng sesuatu yang bagus atau unik akan membuat cewek bangga.
CLUTCH ANYAMAN PANDAN
Salah satu yang kian hits adalah clutch etnik. Beberapa orang menyebutnya clutch homemade. Jika pada lingkungan modern clutch diproduksi dengan bahan kulit, maka yang disebut etnik tas clutch tersebut dibikin dari anyaman pandan.
Pada beberapa produsen yang belum tersentuh kreatifitas, maka anyaman pandan bisa dijual sangat murah. Mereka hanya menjualnya begitu saja tanpa proses pewarnaan maupun dekorasi. Akhirnya anyaman tersebut tampak sangat monoton dan tidak cantik. Karena tampilannya yang sangat plain dan original, minat beli pun jadi sangat minimal. Orang pasti berpikir 'gue bisa dapet barang yang lebih bagus dari ini kok'. Cewek pun males membawanya tampil ke depan umum. Bukannya dapat pujian, bisa-bisa malah dapat cemoohan karena pakai barang jelek.
![]() |
source |
![]() |
source |
SATU SENTUHAN ABAKADABRA
Orang kreatif akan selalu dibayar mahal. Sudah kreatif, otak bisnisnya jalan pula. Seseorang beli sandal jepit seharga sepuluh ribu rupiah di warung kelontong, kemudian sandal tersebut dihias sedemikian rupa sehingga ia bisa menjualnya kembali seharga seratus ribu di mall. Hitung deh berapa untungnya? Begitu juga dengan clutch ini. Di tangan orang kreatif, harga jualnya meningkat tajam karena mendapat sentuhan estetis.
Contoh nyata adalah Awehoki. Dia mengklaim diri sebagai pelopor clutch pandan tapis. Tapis adalah kain tradisional khas Lampung, yaitu kampung halamannya. Kepekaan menangkap peluang dari komoditas lokal membuatnya jadi bandar clutch pandan tapis yang sukses abis. Anyaman pandan original yang membosankan disulap menjadi barang mahal berkelas.
![]() |
source |
![]() |
source |
Coba deh cek instagram Awehoki, kebanyakan para pembeli adalah nyonya-nyonya gedongan. Sebuah segmen pasar yang bagus. Status sosial para customernya merupakan endorsement kuat yang bisa menarik kepercayaan calon pembeli lain. Calon pembeli jadi percaya bahwa clutch pandan Awehoki memang eksklusif dan nggak murahan. Ingat kan pelajaran ekonomi, orang membeli karena orang percaya. Awehoki telah berhasil mengikat kepercayaan tersebut dengan sangat baik.
BAGAIMANA PELUANG BISNIS CLUTCH ANYAMAN PANDAN?
Menurut saya ide bisnis ini patut dicoba. Mengingat wanita adalah makhluk super sosial sekaligus konsumtif serta menyukai keindahan, clutch anyaman pandan akan menjadi magnet yang sangat menarik.
Intinya di sini kita hanya perlu menambah harga jual dengan sentuhan dekoratif. Selain tapis Lampung, saya yakin di Indonesia ini masih banyak kain tradisional cantik yang bisa dijadikan tempelan pada clutch anyaman pandan yang akan dijual. Jikapun tidak menggunakan kain, pasti ada ornamen-ornamen lain yang bisa diaplikasikan sebagai modifikasi.
cluthnya cantik2, mak. kalau dimodifikasi dengan tambahan aksen jadi lebih bernilai jual tinggi ya.
BalasHapussepakat...nilainya mkin tinggi
HapusYup bener. One touch million value :D
Hapuswah cantik2 y...kreaitf
BalasHapusaduuh makk racun ini mana blom gajian hiks ;( cakeep yaa hehehe
BalasHapusIhh...bagus-bagus ya mb Mimi...
BalasHapusdengan kreativitas, bahan yang semula tidak berharga jadi berharga...
Subhanalloh, kekreatifan itu harganya mahal ya, clutchnya cantik sekali setelah diberi ornamen dan aksesoris yak.
BalasHapusCLUTCHnya cantik-cantik mbak :)
BalasHapuskeren bgt. Jadi pengen
BalasHapuskerenn ihhh hiasannya. aku punya tas pandan polosan aja mbaakk :)
BalasHapusBoleh nih, kondangan pakai clutch pandan etnik, cucoookkk!
BalasHapus