Kamis, 03 Desember 2015

PINTAR MEMBACA MASA KEDALUWARSA KOSMETIK

Ketika saya main ke rumah tetangga, tak sengaja saya melihat meja kecil yang di atasnya ditaruh berbagai macam kosmetik. Kemasannya sudah sangat suram dan kusam. Jika itu punya saya, saya pasti jijik untuk memakainya. Beberapa hari kemudian, tetangga saya tersebut meminta saya mendadaninya untuk keperluan sebuah acara. Kami saling bercerita, tak disangka ketika obrolan sampai pada masalah kedaluwarsa lipstick, dia pun berkata:
"aku kira lipstick itu nggak ada kedaluwarsanya!"
Jrenggg!

Saya syok berat. Begitu berontak hati saya mendengarnya. Ternyata tak semua wanita paham tentang seluk beluk kosmetik. Saya tebak, sudah berapa puluh tahun kosmetik-kosmetik itu bercokol dan tak pernah dicek tanggal kedaluwarsanya hingga kemasan jadi begitu kotor berdebu, lipstick kepunyaannya pun penampilannya sudah sangat buruk dan mblenyek-mblenyek.



APA AKIBAT MEMAKAI KOSMETIK KEDALUWARSA?


Memakai kosmetik kedaluwarsa, baik itu skincare maupun makeup, saya rasa tidak menimbulkan masalah yang bisa terlihat langsung. Saya bayangkan di luar sana masih banyak jutaan wanita secara tak tahu menahu memakai kosmetik kedaluwarsa dengan alasan "sayang ih dibuang, kan masih banyak". Saya juga belum pernah membaca berita ada yang sampai meninggal seketika saat ia memakai kosmetik kedaluwarsa.

Meski begitu, bagaimanapun, kosmetik kedaluwarsa adalah barang tak layak pakai. Ibarat buah, kosmetik kedaluwarsa adalah produk yang sudah busuk. Bayangkan jika kita memakai lipstick kedaluwarsa, kemudian dipakai makan dan minum, tentu saja olesan lipstick tersebut turut tertelan ke dalam tubuh. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Kandungan yang sudah busuk tersebut akhirnya mengendap di dalam tubuh hingga akhirnya menimbulkan penyakit.

BAGAIMANA CARA MENGECEK TANGGAL KEDALUWARSA?


Produsen menjelaskan tentang tanggal kedaluwarsa dengan cara-cara yang berbeda. Maka dari itu, mari kita kenal cara-cara membaca tanggal kedaluwarsa tersebut.

1. DICANTUMKAN SECARA RINCI

Produk kosmetik Indonesia umumnya mencantumkan tanggal kedaluwarsa secara rinci, yaitu tanggal, bulan, dan tahun sehingga kita tidak perlu menebak-nebak kapan kosmetik tersebut harus kita buang. Contohnya adalah tanggal kedaluwarsa blush on ini. EXP adalah kependekan dari expired yang berarti kedaluwarsa. Tertulis angka 190518, yang artinya tanggal kedaluwarsa kosmetik ini adalah tanggal 19 bulan Mei tahun 2018.



2. DICANTUMKAN BULAN/TAHUN SAJA

Variasi lain dari pencantuman tanggal kedaluwarsa adalah hanya dituliskan bulan dan tahun saja. Contohnya adalah salah satu merk toner berikut. Tertulis EXP0218, yang berarti masa kedaluwarsa kosmetik ini adalah bulan Februari tahun 2018. Jika seperti ini, biasanya saya sudah membuang kosmetik tersebut pada bulan Januari. Bulan kedaluwarsa memang belum jatuh tempo, tapi saya mau cari aman saja sebab biasanya ketika sudah mendekati bulan kedaluwarsa, kualitas produk sudah mulai berubah.



3. TANGGAL KEDALUWARSA DITENTUKAN SEJAK KEMASAN DIBUKA

Ragam pencantuman seperti ini kebanyakan terdapat pada kosmetik buatan luar negeri. Masa kedaluwarsa tidak ditentukan dari kapan kosmetik tersebut dibuat, melainkan dari sejak kapan kemasannya dibuka. Ketika kosmetik yang kita beli tidak mencantumkan tanggal, bulan, atau tahun kedaluwarsa, maka kita tinggal melihat pada kemasan dengan simbol kaleng terbuka. Misalnya pada kemasan krim malam ini. Pada kemasan terdapat simbol kaleng terbuka dengan tulisan 12M. Huruf M pada kemasan bermakna month atau bulan. Jadi masa kedaluwarsa krim malam ini adalah 12 bulan setelah kemasan dibuka.



4. HANYA DICANTUMKAN TANGGAL PEMBUATAN

Ada juga tanggal kedaluwarsa yang hanya dicantumkan tanggal pembuatan saja. Variasi ini adalah yang paling menyulitkan kita. Contohnya pada kosmetik moisturizer ini. Huruf MFG merupakan kependekan dari manufacturing yang berarti tanggal pembuatan. Pada kemasan dicantumkan MFG0621010, artinya kosmetik ini dibuat pada bulan Juni tahun 2010.



Maka dari itu, kita wajib menyimpan cosmetics expiry table. Tabel tersebut sangat berguna untuk menentukan kapan kosmetik yang kita pakai. Jika perlu, tempelkan di sekitar meja rias. Untuk lebih meyakinkan, ada baiknya kita selalu menandai tanggal, bulan, dan tahun pasti kapan kita membeli kosmetik tersebut.

source

5 komentar:

  1. Waah iya, kadang lupa kalau kosmetik itu ada juga expirednya hihihi...keterusan make yang kadaluwarsa lama, sereem

    BalasHapus
  2. wah makasih mbak. baru tahu yang kode 12m tadi. jadi gitu to maksudnya. tfs ya mbak.

    BalasHapus
  3. Beberapa infonya aku baru tahu nih, lumayan nambah informasi soalnya saya cuek banget soal expired date kosmetik...

    BalasHapus
  4. AKu kadang udah kadakuarsaa maish tak pake, berasa ean euy mau buang, ga eman muka >.<

    BalasHapus