Selasa, 26 Januari 2016

APA BEDA BEDAK PADAT DAN TWO WAY CAKE?

Menyimak beberapa forum dan grup kecantikan, ternyata nun jauh di sana masih banyak yang belum bisa membedakan bedak padat (compact powder) dan two way cake. Baiklah, maka dari itu postingan ini akan akan membahasnya.


 

COMPACT POWDER


Compact powder biasa disebut juga pressed powder, nama lain dalam bahasa Indonesia adalah bedak padat. Melihat kata 'pressed' yang artinya ditekan, maka sebenarnya bedak padat adalah bedak tabur yang ditekan sehingga berbentuk padat. Oleh karena asalnya merupakan bedak tabur, maka bedak padat mempunyai ketahanan (staying power) yang rendah.

Compact powder cocok untuk dipakai berkegiatan sehari-hari yang tidak memerlukan dandanan paripurna, seperti ketika mau pergi ke pasar, main ke tetangga, pagi atau sore sehabis mandi, atau pas mau beli cemilan di minimarket.

 

Apakah compact powder bisa digunakan dengan spons basah?


Bisa. Tapi ya percuma saja, sebab compact powder pada asalnya sama sekali tidak mengandung unsur foundation, sehingga meskipun digunakan dengan spons basah hasilnya tetap tidak akan awet. Selain itu, daya tutup (coverage) nya juga akan tetap biasa saja. Noda hitam tipis di wajah mungkin akan tersamar, namun tidak untuk noda hitam yang tebal dan banyak. Semakin tebal memakainya, maka setelahnya akan semakin meleleh dan bikin cemong.

 

Jadi, compact powder lebih baik dipakai siapa?


Compact powder akan bagus jika dipakai pada kulit yang bersih dan tidak banyak dosa. Umumnya pemakai compact powder adalah remaja tujuhbelasan yang kondisi kulitnya masih baik-baik saja, di mana mereka masih dianggap terlalu berat jika harus memakai two way cake atau foundation. Selain itu, harga compact powder juga lebih terjangkau kantong pelajar.

 

Apa saja contoh merk compact powder?


source
source

source

source



TWO WAY CAKE


Two way cake secara gampang disebut sebagai bedak yang mengandung foundation. Nama lain dari two way cake adalah dual function powder, two function cake, bedak dwiguna, atau all in one powder.


Kemasan two way cake umumnya sama dengan compact powder, hal inilah kadang yang bikin orang rancu untuk membedakannya, kemudian tanpa dosa sama-sama menyebutnya sebagai bedak padat. Lebih jauh lagi, akhirnya timbul review amatir yang nggak kalah ruwet. Contoh: seseorang bilang bedak padat Pixy dipakai awet dan dia sangat menyukainya, kemudian seseorang bilang bedak padat Pixy mudah luntur sehingga dia menyesal membelinya. Keduanya akhirnya adu komentar, padahal bedak yang mereka beli beda jenis, tapi oleh mereka sama-sama disebut bedak padat Pixy.

Mengapa disebut two way cake?


'Two way' secara kasar bisa diartikan sebagai 'dua cara'. Cara pertama adalah menggunakan spons kering jika ingin hasil natural. Cara kedua adalah digunakan dengan spons basah jika menginginkan daya tutup (coverage) dan ketahanan (staying power) yang lebih maksimal.

Umumnya two way cake mempunyai medium hingga full coverage. Mengapa bisa sampai full coverage? Sebab saya pernah menemui perias pengantin yang hanya memakai two way cake dengan spons basah, dan ternyata bisa bikin mantennya manglingi.

Kapan saya bisa menggunakan two way cake?


Kapan saja bisa. Saya pribadi memakai two way cake untuk kegiatan yang memerlukan staying power lebih lama dan ketika saya ingin tak kalah flawless dibanding perempuan lain, misal untuk jalan ke mall, untuk kerja, dan untuk kondangan di mana saya cuma sebagai tamu. Kalo di kondangan saya bertugas sebagai pagar ayu atau seksi apapun yang bikin saya ikut ribet ngurusi hajatan, tentu saya lebih milih pakai foundation.

 

Apa saja contoh merk two way cake?

source

source

source



TIPS MENGGUNAKAN COMPACT POWDER

Menggunakan kuas bedak (powder brush) atau kabuki brush membuat bedak lebih membaur dengan bagus dan rata tanpa harus takut cemong.

source


TIPS MENGGUNAKAN TWO WAY CAKE

Jika digunakan dengan spons basah, maka menggunakan beauty blender, egg sponge, atau spons apapun yang bentuknya lebih tebal dan menthul-menthul lebih bisa memberikan efek flawless pada
permukaan wajah.

source

3 komentar: