Kamis, 30 Juni 2016

FIRST IMPRESSION: KOTA MAKASSAR

Jadi seperti istri tentara pada normalnya, tempat tinggal saya tergantung sama isi SKEP suami. Akhirnya pindahlah saya dari Malang ke Makassar. Sempet drama jugak soalnya ibu saya nampak keberatan saya pergi ninggalin kampung. Meski saya sama ibu suka berantem dan nggak akur, tapi doi sedih juga kalo saya jauh darinya. Padahal saya dulu sudah pernah ninggalin orangtua lebih jauh lagi daripada Makassar. Ibuku memang aneh. Hahahaha :D

Sebagai perantau dan pendatang baru, tentunya saya punya kesan pertama dong sama wilayah baru yang saya tempati. Berikut first impression saya tentang kota Makassar.

mimi affandi, makassar, kota makassar, sulawesi selatan, wisata makassar, wisata sulawesi selatan, toraja, pantai losari

1. Kata orang Makassar puwanas, dan ternyata itu cuma mitos. Hawanya sebelas duabelas sama kota Malang kok, malah lebih gerah ratusan kali lipat di Sidoarjo atau Surabaya. Di Makassar saya masih bisa bertahan tanpa kipas angin atau AC, tapi kalo sudah di rumah suami saya di Sidoarjo, wuhh saya langsung ngamuk dan badmood kalo gak dinyalain pendingin ruangan.

2. Kata orang harga barang di Makassar makhal-makhal. Ya wajarlah, mayoritas pabrik dan produsen kan berada di Jawa, jadi perlu biaya distribusi lebih buat ngangkut ke Makassar. Tapi kalo soal harga makanan, paling cuma beda seribu duaribu sama Malang. Taaapiiii yang muakhaaal di sini minumannya bookkkk. Segelas es jeruk harganya bisa 10 ribu. Saya sempet syok, soalnya di Malang es jeruk rata-rata cuma duaribuaaannnn. Jadi kalo mau makan di luar mending bawa minum sendiri yaaaaa :D

3. Nah yang paling bikin desperate di sini adalah ketertiban para pengguna jalan. Ngeri banget ngeliat jalanan di sini. Banyak yang boncengan nggak.pake helm di jalan poros, nyeberangnya nggak pake tengok kiri kanan dulu pulak, langsung nylonong tanpa dosa. Nggak tau apa saya sampe jantungan pengen mati. Selain itu, banyak motor atau mobil yang parkir gitu aja di tepi jalan. Maksud saya mbok ya kalo parkir itu cari lahan tepian yang nggak makan badan jalan, jadi dia bisa tenang karena kendaraannya aman, saya pun nggak ngomel-ngomel karena jalanan macet. Keberadaan polisi lalu lintas juga sangat kurang, terutama di sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan yang paling sering saya lalui, padahal ini jalan raya besar, deket sama markas Polda pulak.

4. Begitu saya tiba di Makassar, saya senang karena masih bisa melihat khas-nya Makassar dengan tampilan rumah-rumah penduduk yang masih pakai desain tradisional khas Sulawesi Selatan. Jadi kayak kamu baru sampai di Bali gitu looo, langsung berasa Bali-nya. Nah kalo di Malang hal semacam itu sudah nggak ada sebab ciri khas-nya sudah banyak yang hilang.

5. Tiba di sini saya juga baru sadar kalo Jusuf Kalla bener-bener konglomerat di kampung halamannya. Gedung-gedung megah bertuliskan Kalla tegak berdiri di mana-mana. Seakan dan seolah-olah Makassar ini adalah milik keluarga Kalla, seperti kalo di Jogja kamu lihat brand Mirota di mana-mana.

6. Semoga ini lidahku saja yang salah, tapi menurut saya hampir semua makanan yang dijual di Makassar rasanya asiiinnnnn. Sambel lalapan seolah-olah hanya dibumbui garam, begitu juga dengan kuah soto maupun coto, juga dengan nasi padangnya. Apa yaa? Semacam kurang rempah dan kurang gula gituloooo.


Demikianlah secuil first impression saya. Semoga saya tidak dibully atau ditimpuk batu sama orang asli Makassar akibat postingan ini. Hahahaahahah :D

1 komentar: